Info Heboh boh..

Monday, April 1, 2013

Batu Palsu Diubah Jadi Perangkat Mata-Mata Israel


Foto : Kapal Perang Rusia (IST)
Foto : Kapal Perang Rusia (IST)
Ada ada saja,konon Israel dikabarkan memanfaatkan batu palsu untuk memata-matai armada tempur Rusia di Pelabuhan Tartus, Suriah. Perangkat intai Negeri Yahudi itu ternyata ditemukan oleh nelayan.

Perangkat mata-mata itu dipasang oleh komando pasukan Israel, Flotilla 13 atau yang akrab disapa unit elit "Sheyetet 13." Pasukan-pasukan itu sudah sering mengunjungi pulau di Mediterania dengan menggunakan kapal selam nuklir Dolphin yang dibuat oleh Jerman.

Televisi nasional Suriah telah merilis foto-foto perangkat intai Israel. Menurut pemerintah di Damaskus, perangkat intai itu dimanfaatkan Israel untuk memotret aktivitas kapal Rusia dan mengirimkan foto itu ke Tel Aviv sebagai laporan intelijen.

Beberapa perangkat yang mereka gunakan adalah kamera, enam buah baterai dalam ukuran besar, kabel, perangkat transfer data. Israel juga menaruh batu buatan untuk menutupi perangkat intainya. Demikian, seperti diberitakan Arutz Sheva,okezone  Senin (1/4/2013).

Menurut laporan, perangkat intai itu ditempatkan di salah satu pulau yang tidak berpenghuni di Laut Mediterania. Pulau itu berseberangan dengan Kota Tartus yang tak lain adalah kota pelabuhan di Suriah. Seperti diketahui, terdapat pangkalan laut militer Rusia di kota tersebut.

Pejabat keamanan Suriah mengatakan, perangkat intai Israel dinilai cukup canggih. Pengoperasiannya pun rumit, dan bisa digunakan untuk melacak militer-militer Suriah.

Sejauh ini, Kementerian Luar Negeri Israel masih enggan berkomentar mengenai informasi tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Yigal Palmor menegaskan, Israel tidak akan ikut campur dalam konflik domestik di Suriah.

"Kami tidak akan terseret dalam perang saudara di Suriah. Tidak secara verbal atau propaganda, dan juga di medan perang," ujar Palmor.


No comments:

Post a Comment