Monday, October 8, 2012

Fakta Tentang Rumah Hantu Darmo Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota bersejarah di Indonesia memliki sejarah tak luput juga dari cerita2 rakyat setempat yang mengkeramatkan suatu lokasi yang mempunyai nilai mistik. Daripada hanya membahas bualan yang tidak ada artinya mari kita cek tempat-tempat yang angker di kota surabaya ini.

 
Rumah Hantu Darmo Surabaya.


Menjadi peringkat nomor 1. Rumah ini sudah di tinggalkan penghuninya lebih dari 10 tahun. Kabarnya mereka dibunuh oleh jin, yang terikat dalam satu perjanjian pesugihan tak sedikit warga sekitar yang mengaku mengalami kejadian2 ganjil disana. Mulai dari suara tangis tengah malam, sampai penampakan yang menjelma jadi sesorang wanita cantik yang menggoda pengguna jalan.
Senada dengan rumah hantu pondok indah, rumah ini memiliki cerita; seluruh anggota keluarganya tewas dibantai perampok. Yah, rumah ini memiliki area yang luas. Namun kini (pastinya) sudah tak terawat lagi. Bahkan menurut cerita, keluarga yang diwariskan pun tak ada yang mau menempati rumah ini karena terlalu takut. Banyak kejadian mistis yang terjadi di tempat ini. Beberapa hantu memang jarang diceritakan menampakkan diri, hanya mereka yang mempunyai kekuatan “spesial” yang bisa melihat dan merasakan bagaimana atmosfer di dalamnya. Yang pasti, kesurupan disini bukan jadi hal aneh. Menurut beberapa sumber, Dia dan beberapa temannya berkunjung di rumah tersebut, dan salah satu temannya mampu “melihat” seseorang yang aneh. Seperti yang ditulis Dendy Aditya  di kompasiana,  Saat baru saja sampai di tujuan, teman sumber yang sebut saja si B merengek minta pulang. Di dalam mobil pun, si B terus-terusan diam. Setelah turun, barulah si B angkat bicara, Dia bilang bahwa selama tiba dan di mobil, seorang dari rumah hantu tersebut mengikuti mereka. hiii…….
Sebuah urban legend paling tersohor di Surabaya, yakni Rumah Hantu Darmo atau lebih akrab disebut RHD. Berbagai versi kisah mistis mengiringi keberadaan rumah yang terletak di perumahan elite Darmo di kawasan Surabaya Barat tepatnya di Jalan Raya Puncak Permai. Rumah menyeramkan ini cocok untuk Anda yang doyan tahayul, supranatural, atau hal-hal gaib yang lainnya.
Menurut beberapa orang, ada banyak versi cerita asal muasal rumah tersebut. Menurut salah satu cerita penduduk yang ‘kesurupan’ hantu di rumah tersebut dan tak ingin disebutkan namanya mengatakan, rumah mewah itu merupakan hasil pesugihan sebuah keluarga. Keluarga tersebut mendapat banyak harta, emas, rumah, dan benda mewah lainnya serta memberikan tumbal dan sesajen sebagai balasannya. Namun karena keluarga tersebut hendak berlaku curang dengan sudah tidak memberikan tumbal dan sesajen lagi serta berniat untuk melarikan diri menggunakan jalur laut, maka para hantu pun langsung menenggelamkan kapal yang keluarga tersebut tumpangi sehingga seluruh keluarga meninggal. Rumah beserta harta yang dimiliki pun secara tidak langsung diambil kembali oleh para hantu. Alhasil, rumah tersebut hingga saat ini menjadi kediaman mereka sehinnga tak ada orang yang membeli rumah mewah tersebut.
Kini keberadaan RHD telah menjadi buah bibir paling terkenal bagi pecinta alam gaib di Surabaya sehingga tempat tersebut tak pernah sepi pengunjung. Cobalah uji nyali bagi Anda yang belum pernah mengunjungi dan rasakan langsung atmosfernya. Entah sekedar ingin tahu atau hanya ingin membuktikan langsung, namanya juga legenda. Di siang hari, pada hari tertentu rumah tersebut tak jarang berubah juga menjadi spot foto yang menarik bagi fotografer.

No comments:

Post a Comment