Info Heboh boh..

Sunday, May 26, 2013

Ditemukan Spesies Baru Laba-Laba Terkecil di Dunia

detail berita
(Foto: softpedia)
BEIJING - Peneliti di China menemukan dua spesies laba-laba baru yang memiliki tubuh terkecil di dunia. Peneliti meyakini bahwa hewan dalam kelas Arachnida ini berhabitat asli di daerah pegunungan.

Dilansir Softpedia,okezone  Minggu (26/5/2013), studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal ZooKeys mendokumentasikan penemuan dua spesies laba-laba miniatur baru di China. Hewan yang ditemukan di wilayah selatan negara itu menunjukkan bahwa mereka hanya mendiami daerah pegunungan.

Dua spesies laba-laba ini antara lain Trogloneta yuensis yang berhabitat di Gunung Jinyun, Chongqing serta Mysmena wawuensis, yang mendiami Gunung Wawu. Website Mongabay melaporkan, rata-rata panjang tubuh Trogloneta yuensis hanya berukuran 1 milimeter (0,03 inci).

Akan tetapi, Mysmena Wawuensis lebih kecil, yakni laba-laba ini hanya memiliki rata-rata panjang tubuh 0,75 milimeter (0.029 inci). Kedua spesies baru laba-laba ini milik keluarga Mysmenidae.

"Meskipun keluarga Mysmenidae tersebar di seluruh dunia, itu adalah salah satu kelompok keluarga laba-laba yang paling dipelajari di antara laba-laba orb-weaving (menenun)," kata para peneliti yang menemukan dua spesies laba-laba miniatur baru menjelaskan. Mereka mengungkapkan, rata-rata ukuran laba-laba ini sekira 0,7-3 milimeter.

No comments:

Post a Comment